Cari Blog Ini

Kamis, 29 Desember 2011

Larutan Buffer [Software Kimia Komputasi]

Membuat aplikasi kecil bukanlah pekerjaan mudah bagi orang awam. Meskipun ia membidangi keilmuannya tapi kalau tidak getol mengutik-atik aplikasi komputer tidak bakalan sanggup membuatnya. Barusan saya mendapati aplikasi Buffer V 1.0. sudah lama di harddiks. Belum sempat mengeskplore kemampuan aplikasi tersebut. Sederhana banget, kalau tak dibilang hanya kumpulan koleksi data yang kemudian juga ditautkan ke url tertentu. Jadi pingin membuat aplikasi sendiri kalau gitu. Pingin doang moh belajar, jadi sama dengan orang yang mau bisa nulis tapi ingin doang, mulai aja tidak.



Diperkuliahan memang tidak diberikan secara detil tentang larutan buffer itu, apalagi di kimia sma. Dengan banyaknya referensi online yang valid guru dan siswa dengan mudah mendapatkannya. Seperti tautan pada aplikasi Buffer V 1.0 tadi. Jika merujuk ke sana kita bisa mengeksplor lebih banyak tentang larutan buffer. Mana zat yang sesuai sebagai indikator ketika berkaitan dengan larutan buffer. Aplikasi ini sangat bagus dan dapat dijadikan tambahan pengetahuan bagi siswa sma dari tautan tersebut bisa dipelajari tentang bagaimana sifat larutan buffer, bagaimana cara membuat larutan buffer, juga ada kalkulator khusus perhitungan pH larutan tersebut. Sayangnya semua itu harus terhubung internet.
Dari aplikasi tersebut dengan menentukan pH yang akan dijadikan patokan sebagai larutan buffer, kemudian klik Calculate maka akan ditunjukkan bagaimana cara memmbuat pH buffer dengan pH yang telah ditentukan tadi dan juga ditunjukkan pilihan indikator pH yang cocok untuk derajat keasaman tadi.
Untuk sekedar menjelajah tentang bagaimana membuat larutan buffer tautan dari aplikasi tersebut saya letakkan di bawah ini. Harapannya kita langsung bisa menuju apa yang dimau dari aplikasi ini, agar kita mengerti tentang seluk beluk larutan buffer.
Berminat mendownloadnya? Klik saja di sini untuk download. Ukuran filenya hanya 192 KB. Silahkan ekstrak, buka foldernya, dan klik aplikasi tersebut (berekstensi exe) tidak perlu diinstall.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar